franchisepedia

Tips Melatih Karyawan untuk Kamu yang Punya Kemitraan

Dalam membuka bisnis, banyak sekali pilihan yang tersedia, mulai dari merintis usaha sendiri dari awal, ­joint­­-an bersama teman atau saudara, membeli franchise, paket usaha, hingga bergabung dalam suatu kemitraan, tergantung dengan preferensi dan modal yang kamu miliki.

Kemitraan sendiri merupakan salah satu pilihan yang sering diambil oleh orang-orang yang hendak terjun ke dunia bisnis, tetapi sedikit lebih mudah daripada harus merintis sendiri. Cukup dengan menyediakan sejumlah modal, kalian bisa langsung memiliki bisnis yang sudah cukup dikenal banyak orang. Setelah itu, kamu bisa mulai langsung mempekerjakan karyawan untuk outlet-mu. Namun, sebelumnya kamu perlu lebih dahulu melatih para karyawanmu. Apa aja, sih, tips melatih karyawan yang bisa dilakukan? Yuk, simak terus sampai habis, ya.

BACA JUGA: Perbedaan Franchise dan Kemitraan

Tips Melatih Karyawan untuk Kamu yang Punya Kemitraan

Seperti jenis-jenis bisnis lainnya, pelatihan para karyawan merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan. Tujuan utamanya adalah untuk menjadikan para karyawan terbiasa dengan pekerjaan yang akan dihadapinya. Dengan begitu, bisnis kemitraan diharapkan dapat berjalan dengan lebih optimal dan menguntungkan berbagai pihak, baik owner kemitraan, para karyawan, hingga para konsumen produk itu sendiri.

Nah, selain mengajarkan kompetensi-kompetensi teknis terkait pekerjaan, ternyata ada lagi hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menambah kualitas para karyawanmu. Apa aja, sih? Berikut merupakan tiga poin utama tips melatih karyawan menurut pengalaman founder Franchisepedia yang bisa kamu coba praktikkan.


  1. Berikan bonus penjualan

Eits, bonusnya gak sembarang bonus, ya. Bonus ini berlaku jika para karyawan bisa mencapai target penjualan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Misalkan, kamu memiliki bisnis kemitraan minuman kekinian dan keuntungan dari 10 cup sudah menutup biaya operasional per hari. Jika karyawanmu bisa menjual di atas 10 cup yang menjadi tolak ukur terpenuhinya biaya operasional tersebut, maka karyawan kamu bisa kamu berikan bonus.

Tujuan pemberlakuan sistem komisi tersebut bukannya tanpa alasan. Sistem komisi tersebut dapat membuat para karyawan lebih semangat dan mempunyai rasa kepemilikan terhadap tempat mereka bekerja. Selain menguntungkan karyawan, tentunya bisnis kamu akan semakin maju karena dikutip dari situs Net Commissions, penggunaan akselerator seperti sistem tersebut dapat meningkatkan 13% penjualan dan 2% keuntungan, loh! Win-win solution banget, kan?


  1. Ajarkan kompetensi tentang upselling dan keramahan

Langkah berikutnya yang bisa kamu coba terapkan dalam menjalankan bisnis kemitraanmu adalah mengajarkan kompetensi upselling dan keramahan pada customer. Singkatnya, upselling adalah kegiatan menawarkan pembeli untuk menambah orderan.

Misalnya saja, bisnis kemitraan yang kamu jalankan adalah kopi. Pembeli X membeli kopi Americano, sementara itu bisnis kemitraanmu memiliki menu best seller paket bundling Caramel Macchiato + customized doughnut. Kamu bisa mengajarkan ke karyawanmu untuk menawarkan ke pembeli supaya tertarik membeli menu best seller tersebut, atau bisa juga menambah orderan lainnya.

Aspek lain yang tidak kalah penting adalah keramahan. Tentunya pembeli akan merasa lebih nyaman untuk membeli produk di tempatmu apabila karyawan yang melayaninya ramah dan dapat berperilaku dengan baik dan sopan. Intinya, kombinasi produk yang nikmat dan pelayanan yang baik akan berdampak positif, deh, ke bisnismu!


  1. Adakan meeting dan rewarding system

Last but not least, kamu juga perlu untuk menyelenggarakan pertemuan rutin bersama para karyawanmu. Tujuannya apa? Tentu saja untuk mewadahi kebutuhan mereka, entah dengan mendengarkan keluh kesah mereka, saran dan masukan, atau bonding antara kamu dan para karyawanmu. Hal tersebut tentunya dapat membangun ekosistem kerja yang lebih kondusif.

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan sistem reward untuk para karyawan yang tidak pernah terlambat ataupun memiliki kinerja yang baik selama mereka bekerja. Adanya sistem seperti itu tentunya juga bisa memotivasi mereka untuk lebih semangat bekerja dan memberikan yang terbaik untuk bisnismu.

BACA JUGA: Peluang Bisnis Kemitraan Kopi Kekinian

Demikian tiga tips melatih karyawan dari pengalaman founder Franchisepedia yang bisa kamu terapkan dalam bisnis kemitraan yang kamu punya. Tentunya masih banyak tips-tips lain yang bisa kamu lakukan untuk melatih karyawanmu, ya. Apapun bisnis yang kamu jalankan, jangan lupa bahwa karyawan merupakan aspek penting dari bisnismu. Oh iya, apabila kamu ingin mendapatkan informasi-informasi insightful lainnya seputar bisnis, jangan lupa untuk baca artikel-artikel lain di Franchisepedia, ya!

Comments

  • No comments yet.
  • Add a comment